tulisan berjalan

FORZA MILAN !!!

Monday, 5 March 2012

Arsenal 55 - 45 AC Milan



Arsenal diwajibkan tampil full-offense saat menjamu AC Milan pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2011-2012, Rabu (7/3/2012) dini hari nanti. Sebab, cuma ini satu-satunya cara jika The Gunners ingin terus berkiprah di pentas elite Eropa.

Kekalahan 0-4 yang diderita The Gunners pada leg pertama di San Siro pada leg pertama, membuat peluang mereka melaju ke babak perempat final nyaris musnah.

Meski sulit, namun Wenger nampaknya masih memegang penuh filosofi ‘tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola.’ Sang professor masih percaya anak asuhnya mampu mempecundangi Milan di hadapan publik Emirates Stadium dengan skor besar. Arsenal diketahui membutuhkan kemenangan 5-0 atau minimal unggul dengan selisih lebih dari empat gol untuk bisa lolos ke perempat final.

Dengan tuntutan tersebut, Wenger diharuskan meramu strategi jitu demi bisa membuat timnya tampil garang di depan gawang Milan. Wenger tentunya tidak bisa hanya mengandalkan Robin van Persie sebagai mesin gol. Dia harus mencari pemain untuk jadi senjata rahasia, yang tidak diperhitungkan Milan.

Namun, Mission Imposible atau misi mustahil yang diemban Wenger dihadang sejumlah kendala. Skuad The Gunners saat ini tengah keropos menyusul cederanya sejumlah pemain. Terkini, Arsenal harus kehilangan Mikel Arteta yang mengalami cedera rahang akibat berbenturan dengan pemain Liverpool, Jordan Henderson, saat kedua tim bertarung.

Polemik ini tentunya membuat Wenger stres. Dia bahkan sempat mengatakan akan menurunkan enam striker saat menjamu Milan. Selain karena butuh banyak gol, strategi ini sekaligus untuk menutupi keroposnya lini tengah Arsenal yang ditinggal cedera para punggawanya.

“Hasil yang buruk dalam laga ini adalah Mikel (Arteta), (Abou) Diaby, (Yossi) Benayoun dan Kieran Gibbs cedera. Saya belum berpikir siapa saja yang akan turun dalam laga hari Selasa nanti. Mungkin, saja saya menurunkan enam striker sekaligus, karena kita diwajibkan mencetak gol banyak,” tutur Wenger kala itu.

Namun, Arsenal bisa sedikit optimistis menyusul tren positif yang tengah mereka jalani. Dari dua laga terakhir, The Gunners sukses meraih kemenangan atas dua lawan tangguh, Tottenham Hotspur (5-2) dan Liverpool (2-1). Hebatnya, kemenangan tersebut didapat setelah sebelumnya sempat tertinggal.

Sementara di lain kubu, AC Milan juga tidak ingin jumawa dengan hasil tersebut. Pelatih Massimiliano Allegri mengultimatum anak asuhnya untuk tidak terbuai dengan kemenangan 4-0 tersebut.

Sebagai rujukan, Allegri menyebut memori kelam Liga Champions 2003-2004 dan 2004-2005. Ya, dua gelaran tersebut memang memberikan kenangan pahit buat Milan.

Di musim 2003-2004, Milan harus tersingkir di babak perempat final oleh wakil Spanyol, Deportivo La Coruna. Tragisnya lagi, Andriy Schevchenko dkk. harus gugur setelah sempat unggul 4-1 pada leg pertama. Pada leg kedua di Riazor, tuan rumah Depor melumat habis Il Diavolo dengan skor 4-0 (agregat 5-4).

Setahun berselang, Milan kembali harus merana. Kali ini di partai puncak kontra Liverpool di Istanbul. Saat itu, Milan sudah unggul jauh 3-0 di babak pertama. Namun karena ceroboh, The Reds mampu mencetak tiga gol balasan untuk membawa pertandingan ditentukan lewat adu penalti, dan Milan akhirnya harus gigit jari.

Kenangan pahit inilah yang diwanti-wanti Allegri. Untuk itu, pada laga di Emirates nanti, mantan arsitek Cagliari ini meminta anak asuhnya untuk tetap bermain serius demi mencetak gol, atau tetap meraih kemenangan.

Allegri memang pantas memasang target kemenangan di laga nanti, pasalnya saat ini Milan juga tengah dalam grafik permainan menanjak, menyusul kemenangan 4-0 atas Palermo, akhir pekan kemarin.

Terlebih, bomber andalan Zlatan Ibrahimovic juga tengah on-fire, setelah mencetak hattrick di laga tersebut. Untuk pertandingan nanti, Allegri kemungkinan akan kembali menduetkan Ibra dengan Robinho. Sementara di bangku cadangan, Alexandre Pato kabarnya sudah siap diturunkan setelah sempat dibekap cedera.

Head to Head:
(16/02/12) Liga Champions: Milan 4 - 0 Arsenal
(31/07/10) Laga Persahabatan: Arsenal 1 – 1 Milan
(05/03/08) Liga Champions: Milan 0 – 2 Arsenal
(21/02/08) Liga Champions: Arsenal 0 – 0 Milan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...